Penulis / NIM
SUARNI ARBABU / 151412253
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Abstrak
Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah "apakah metode pemberian tugas dapat
meningkatkan hasil belajar siswa, dengan materi tentang jual beli di lingkungan sekolah
kelas III SDN 09 Mananggu kabupaten Boalemo?" tujuan penelitian ini adalah dengan materi
tentang jual beli di lingkungan sekolah, kelas III SDN 09 Mananggu.
metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas
(PTK). PTK ini dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II, setiap siklus terdiri
dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi, analisis dan
refleksi.
Hasil kegiatan penelitian tindakan kelas ini menetapkan indikator keberhasilan dari hasil
belajar yang teramati telah menghasilkan dalam belajar, dimana pada siklus kedua proses
perubahan belajar meningkat dengan baik dengan prosentasi akhhir sebesar 88% atau 21
orang dari 24 siswa yang tingkat hasil belajarnya mengalami peningkatan pada hasil belajar
siswa materi tentang jual beli di lingkungan sekolah melalui metode pemberian tugas di SDN
09 Kecamatan Mananggu.
Dengan demikian hipotesis yang berbunyi " Jika digunakan metode pemberian tugas maka
hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dapat ditingkatkan" dinyatakan diterima.
Kata Kunci : Hasil Belajar dan Metode Pemberian Tugas
Download berkas