Penulis / NIM
NOLVI ARIYANTI DAUD / 151412258
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
Nolvi A. Daud. 2013. Meningkatkan Kemampuan Siswa Mengomentari Persoalan Faktual Melalui Model STAD di Kelas V SD Inpres Siduan Kecamatan Paguat Kabupaten Pohuwato. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim,M.Pd dan Pembimbing II Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd. Masalah penelitian ini yaitu Apakah dengan menggunakan model STAD dapat meningkatkan kemampuan siswa mengomentari persoalan faktual di kelas V SD Inpres Siduan Kecamatan Paguat Kabupaten Pohuwato. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan siswa mengomentari persoalan faktual di kelas V SD Inpres Siduan, dengan menggunakan model STAD.
Penelitian dilaksanakan di SD Inpres Siduan Kabupaten Pohuwato kelas V dengan jumlah siswa 31 orang yang terdiri dari 19 laki-laki dan 12 perempuan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan materi mengomentari persoalan faktual.
Dari kegiatan hasil kegiatan dalam 2 siklus terlihat bahwa pada data observasi awal prosentase ketuntasan hasil belajar hanya 26 % atau 8 orang siswa yang mampu. Siklus I menjadi 48 % atau 15 orang siswa. Oleh karena pada siklus I belum mencapai 75 % maka tindakan dilanjutkan ke siklus II dan terjadi kenaikan prosentase hasil belajar menjadi 100 % atau 31 orang siswa yang mampu. Hal ini menunjukkan bahwa indicator kinerja dalam penelitian ini telah tercapai. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model stad dalam mengomentari persoalan faktual terbukti kemampuan siswa meningkat dengan baik.
Kata Kunci : Mengomentari Persoalan Faktual, Model STAD.
Download berkas