SKRIPSI

Penulis / NIM
YOLIS U. DOMILI / 151412259
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Abstrak
Yolis U. Domili. 151 412 259. Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Melalui Metode Penemuan Pada Siswa Kelas V SDN 1 Momalia Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Martianty Nalole, M.Pd dan pembimbing II Dr. Hj. Asni Ilham, S.Pd, M.Si. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah melalui metode penemuan dapat meningkatkan pemahaman konsep bangun ruang pada siswa kelas V SDN 1 Momalia Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan”? Dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep bangun ruang melalui metode penemuan pada siswa kelas V SDN 1 Momalia Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus di kelas V SDN 1 Momalia Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Tehnik Pengumpulan data dalam penelitian ini berupa lembar observasi tes serta wawancara. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pemahaman siswa berdasarkan hasil tes siklus I siswa yang paham sebanyak 20 orang atau 71.42% dan yang tidak paham sejumlah 8 orang atau 28.58%. Hal ini belum sesuai dengan indikator kinerja yang ditetapkan sehingga dilanjutkan pada siklus ke II. Pada siklus II mengalami peningkatan dibanding ketuntasan pada siklus I, karena siswa yang paham sejumlah 26 orang atau 92.86% dan siswa yang tidak paham sejumlah 2 orang atau 7.14%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa melalui metode penemuan pemahaman konsep bangun ruang pada siswa kelas V SDN I Momalia Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan meningkat. Kata Kunci: Pemahaman, Konsep Bangun Ruang, Penemuan.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011