Penulis / NIM
YOLIS U. DOMILI / 151412259
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Abstrak
Yolis U. Domili. 151 412 259. Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Melalui
Metode Penemuan Pada Siswa Kelas V SDN 1 Momalia Kabupaten Bolaang Mongondow
Selatan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan,
Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Martianty Nalole, M.Pd dan pembimbing
II Dr. Hj. Asni Ilham, S.Pd, M.Si.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah melalui metode penemuan dapat
meningkatkan pemahaman konsep bangun ruang pada siswa kelas V SDN 1 Momalia
Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan”? Dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk
meningkatkan pemahaman konsep bangun ruang melalui metode penemuan pada siswa
kelas V SDN 1 Momalia Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) yang dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus di kelas V SDN 1 Momalia Kecamatan
Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Tehnik Pengumpulan data dalam
penelitian ini berupa lembar observasi tes serta wawancara.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pemahaman siswa berdasarkan hasil tes siklus I siswa
yang paham sebanyak 20 orang atau 71.42% dan yang tidak paham sejumlah 8 orang atau
28.58%. Hal ini belum sesuai dengan indikator kinerja yang ditetapkan sehingga dilanjutkan
pada siklus ke II. Pada siklus II mengalami peningkatan dibanding ketuntasan pada siklus I,
karena siswa yang paham sejumlah 26 orang atau 92.86% dan siswa yang tidak paham
sejumlah 2 orang atau 7.14%.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa melalui metode penemuan pemahaman
konsep bangun ruang pada siswa kelas V SDN I Momalia Kecamatan Posigadan Kabupaten
Bolaang Mongondow Selatan meningkat.
Kata Kunci: Pemahaman, Konsep Bangun Ruang, Penemuan.
Download berkas