Penulis / NIM
ANDI BOTUTIHE / 151412260
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
Andi Botutihe. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kenampakan Perubahan Bumi melalui Model Pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example di Kelas IV SDN 2 Meyambanga Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Skripsi program PPKHB, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd M.Pd dan Pembimbing II Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd
Permasalahan dalam penelitian adalah apakah hasil belajar siswa pada materi kenampakan perubahan bumi dapat ditingkatkan bila digunakan model Pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example di kelas IV SDN 2 Meyambanga Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kenampakan perubahan bumi melalui model Pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example di kelas IV SDN 2 Meyambanga Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, data diambil secara deskriptif. Instrument pengumpulan data menggunakan tes dan lembar observasi. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah “Jika guru menggunakan model Pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example maka hasil belajar siswa pada materi kenampakan perubahan bumi siswa kelas IV SDN 2 Meyambanga Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan meningkat? Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model Pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kenampakan perubahan bumi dikelas IV SDN 2 Meyambanga Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan
Kata Kunci: Hasil Belajar, Kenampakan Perubahan Bumi, Model Pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example
Download berkas