Penulis / NIM
SUTRISNA IS. ENGGOWA / 151412262
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Abstrak
Sutrisna Is Enggowa. 2013. Meningkatkan kemampuan Siswa dalam berbicara melalui metode simulasi pada siswa kelas 1V SDN 2 Lion Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd dan pembimbing II Dr. Yusuf Jafar, M.Pd
Masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah dengan menggunakan metode simulasi dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara pada siswa kelas IV SDN 2 Lion Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan? Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara melalui metode simulasi di kelas 1V SDN 2 Lion Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di kelas 1V SDN 2 Lion Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Adapun tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tehnik observasi, tehnik dokumentasi, tehnik tes.
Penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus diperoleh hasil perolehan terhadap aktivitas siswa pada siklus I sebesar 63.64% dan pada siklus II meningkat sebesar 90.91%. Berdasarkan tindakan yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa melalui metode simulasi, guru dapat Meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara di kelas 1V SDN 2 Lion Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.
Kata Kunci: Kemampuan Berbicara, Metode Simulasi.
Download berkas