Penulis / NIM
RAMANG TAKE BIKI / 151412269
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Abstrak
Ramang Take Biki, 2014, "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Peristiwa Alam Melalui Metode Inkuiri Terbimbing di Kelas 5a SDN 01 Buntulia Kecamatan Buntulia Kabupaten Pohuwato". Skripsi, Jurusan S1 PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI,S.Pd.M.Pd (II) Dr. Lukman AR. Laliyo,S.Pd,M.Pd,MM.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah " Apakah penggunaan metode inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi peristiwa alam di kelas 5a SDN 01 Buntulia?". Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi peristiwa alam melalui metode inkuiri terbimbing di kelas 5a SDN 01 Buntulia Kecamatan Buntulia Kabupaten Pohuwato. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian 20 siswa di kelas 5a SDN 01 Buntulia tahun 2014.
Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah jika hasil belajar siswa materi peristiwa alam di kelas 5a SDN 01 Buntulia dapat ditingkatkan melalui metode inkuiri terbimbing. Berdasarkan hasil penelitian yang dianalisis ditunjukkan dengan peningkatan ketuntasan hasil belajar dari siklus I siswa yang memperoleh ketuntasan belajar ada 12 siswa atau 60% dan siklus II siswa yang memperoleh ketuntasan belajar ada 17 siswa atau 85%. Dari pembelajaran ini dapat disimpulkan bahwa, dengan menggunakan metode inkuri terbimbing hasil belajar siswa materi peristiwa alam di kelas 5a SDN 01 Buntulia Kecamatan Buntulia Kabupaten Pohuwato mengalami peningkatan.
Kata Kunci :, Hasil belajar siswa, Metode inkuiri terbimbing, Peristiwa Alam,
SDN 01 Buntulia.
Download berkas