Penulis / NIM
HAMDIA HANAPI / 151412272
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK
Hamdia Hanapi. 2014. Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Puisi
Melalui Metode Pemberian Tugas di kelas I SDN 02 Mananggu Kabupaten
Boalemo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dra. Dajani
Suleman, M.Hum.dan Pembimbing II Dra. Samsiar RivaI, S.Pd., M.Pd.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah melalui metode pemberian
tugas kemampuan siswa membaca puisi dapat ditingkatkan pada siswa kelas I
SDN 02 Mananggu Kabupaten Boalemo ? Adapun tujuan penelitian adalah untuk
Meningkatkan kemampuan siswa membaca puisi melalui metode pemberian tugas
dikelas I SDN 02 Mananggu Kabupaten Boalemo.
Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan
metode pemberian tugas, dan subjek dalam penelitian ini adalah 20 orang siswa
kelas I SDN 02 Mananggu Kabupaten Boalemo. Tehnik pengumpulan data
observasi dengan analisis data prosentase. Hasil penelitian menunjukkan pada
observasi awal siswa yang mampu membaca puisi dengan baik hanya 8 orang
anak atau 40%, pada siklus I meningkat menjadi 13 orang anak atau 65 %, namun
belum mencapai indikator 80% sehingga dilanjutkan pada siklus II yang
mengalami peningkatan menjadi 90% atau sebanyak 18 orang anak yang sudah
mampu membaca puisi yang baik dan benar.
Simpulan penelitian tindakan kelas ini adalah dengan menggunakan metode
pemberian tugas kemampuan membaca puisi siswa di SDN 02 Mananggu
Kabupaten Boalemo meningkat.
Kata kunci:Kemampuan, membaca, Metode,pemberian tugas.
Download berkas