Penulis / NIM
YUSNI RUDIN MONUA / 151412275
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
YUSNI RUDIN MONUA .2013. Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Datar Segitiga Sama Kaki dan Sama Sisi pada Siswa Kelas III SD MUH 3 Limboto kabupaten Gorontalo. Skripsi, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Martianty Nalole, M.Pd dan pembimbing II Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pemahaman konsep bangun datar segitiga sama kaki dan sama sisi dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAT pada Siswa Kelas III MUH 3 Limboto Kabupaten Gorontalo.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan kelas ( PTK), yang dilaksanakan melalui 2 siklus. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi wawancara, tes, dan dokumentasi.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa dari 11 siswa yang d kenai tindakan diperoleh 5 Siswa atau 45% memperoleh nilai 6,5 ke atas sehingga belum mencapai indikator kinerja yang ditetapkan maka dilanjutkan dengan siklus II. Pada siklus II meningkat menjadi 10 siswa atau 90,9% yang memperoleh nilai 6,5 ke atas, dengan demikian indikator kinerja telah tercapai dan tindakan yang dicapai dianggap tuntas. Disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD, pemahaman konsep bangun datar sama kaki dan sama sisi kelas III SD MUH 3 Limboto meningkat.
Kata Kunci : Pemahaman, konsep, segitiga, sama kaki, sama sisi, STAD
Download berkas