SKRIPSI

Penulis / NIM
ANITA SUJONO / 151412276
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
Anita Sujono. NIM 151412276. Judul Penelitian “ Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Pentingnya Koperasi Melalui Model Kooperatif Tipe STAD Siswa Kelas IV SDN 3 Momalia Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Di bawah Bimbingan Bapak Drs.H.Haris Mahmud,M.Si dan Bapak Samsi Pomalingo,S.Ag.,MA. Dengan permasalahan penelitian adalah Apakah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada materi pentingnya koperasi Pelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV SD Negeri 3 Momalia. Hasil analisis menunjukkan bahwa model pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 3 Momalia Kecamatan Posigadan, dalam materi pentingnya koperasi pada pembelajaran IPS. Setelah di lakukan pengujian siklus I dan siklus II di dalam kelas hasil belajar siswa mengalami peningkatan karena rata-rata dari ketiga aspek yang diamati sudah sebagian besar siswa mencapai kategori baik, dan memberi respon pada hasil evaluasi akhir belajar siswa. Hasil analisis pada siklus I diperoleh hasil atau 168% 17 orang siswa dari 25 orang siswa yang hasil belajarnya dalam materi pentingnya koperasi pada pembelajaran IPS mencapai KKM (tuntas) dengan nilai rata-rata kelas 75%. Dan pada kegiatan ini juga terdapat 8 orang siswa atau 32% yang belum mencapai KKM (belum tuntas). Sementara pada siklus II terjadi perubahan yang positif pada tiga aspek tersebut sehingga memberi respon positif dalam evaluasi belajar siswa, yaitu meningkatnya jumlah prosentase hasil belajarnya di atas KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah, yaitu meningkat menjadi 88% atau 22 dari 25 siswa. Hal ini melebihi indicator keberhasilan yang direncanakan yaitu minimal 80% atau dari 22 orang dari 25 orang siswa dapat mengenal materi pentingnya koperasi pada pembelajaran IPS mencapai KKM (70). Dengan demikian hipotesis yang berbunyi“ Jika digunakan model Student Teams-Achievement Divisions (STAD) maka hasil belajar siswa dalam materi pentingnya koperasi pada pembelajaran IPS dapat ditingkatkan” dapat dinyatakan diterima. Kata Kunci : Hasil Belajar dan Model STAD
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011