Penulis / NIM
HUGENG TULI / 151412277
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
ABSTRAK
Hugeng Tuli. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Energi Panas Melalui Metode Demonstrasi pada Kelas IV SDN 2 Ilangata Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Prof. Dr. Abdul. Haris PanaI, S.Pd.,M.Pd dan Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd., M.Pd.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah melalui metode demonstrasi maka hasil belajar siswa pada kelas IV SD Negeri 2 Ilangata Kecamatan Anggrek kabupaten Gorontalo Utara dapat meningkat. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa terhadap materi energy panas setelah diterapkan metode demonstrasi di SDN 2 Ilangata Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara deanga jumlah siswa 27 orang yang terdiri dari 12 siswa putra dan 15 siswa perempuan. Hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa jika digunakan metode demonstrasi dalam hasil belajar siswa terhadap energi panas di kelas IV SD Negeri 2 Ilangata meningkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah dilakukan tindakan siklus I dan II ternyata ada peningkatan hasil belajar siswa sesuai dengan indikator kinerja yang ditetapkan
Berdasarkan hasil penelitian di atas disimpulkan bahwa hasil belajar siswa terhadap materi energi panas di SDN 2 Ilangata Kecamatan Anggrek Gorontalo Utara dapat diterapkan melalui metode demonstrasi.
Kata Kunci : hasil belajar siswa, materi energi panas, metode demonstrasi
Download berkas