Penulis / NIM
LIWUN ISHAK / 151412281
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
Liwun Ishak. Nim 151 412 281. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Materi Tentang Permasalahan Sosial Melalui Metode Problem Solving Dikelas IV SDN 4 Batudaa Kabupaten Gorontalo”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Hakop Walangadi M. Si, dan Pembimbing II Nurhayati Tine S.Pdi M.Hi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi permasalahan sosial? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi tentang permasalahan sosial dikelas IV SDN 4 Batudaa Kabupaten Gorontalo melalui metode problem solving. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada pelaksanaan tindakan siklus I dengan menerapkan metode problem solving belum mencapai indikator kinerja yang diharapkan dimana dari 31 orang siswa, jumlah siswa yang tuntas pada siklus I ini hanya sebanyak 21orang (68%) dan yang belum tuntas sebanyak 10 orang atau (32%). Karena siklus I belum mencapai indikator kinerja yang ditetapkan, maka penelitian dilanjutkan dengan siklus II untuk perbaikan refleksi dari siklus I. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I dimana dari 31 orang siswa, jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 28 orang atau (90%) dan yang tidak tuntas sebanyak 3 orang atau (10%). Dengan melihat uraian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS khususnya materi permasalahan sosial.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Problem Solving
Download berkas