Penulis / NIM
JUNARJO ADAM / 151412283
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
ABSTRAK
Junarjo Adam, "Meningkatkan Minat Siswa Dan Pemahaman Tentang Materi
Mengenal Masalah Sosial Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Guided
Teaching di Kelas IV SDN 10 Mananggu" tahn 2014 dengan Pembimbing 1 Dra. Hj.
Hakop Walangadi, M.Si, dan Pembimbing 2 Samsi Pomalingo, S.Ag. MA.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat siswa dan pemahaman siswa
terhadap materi mengenal masalah sosial pada mata pelajaran IPS melalui tipe
guided teaching bagi siswa kelas IV SDN 10 Mananggu. Penelitian dilaksanakan
dengan menggunakan Classroom Action Research model Kemmis dan Tagart.
Temuan penelitian adalah; (1) langkah-langkah pembelajaran Kooperatif tipe guided
teaching telah dilaksanakan dengan baik, yaitu sebesar 87%, (2) keterlaksanaan
kegiatan siswa dalam Kooperatif tipe guided teaching telah dilaksanakan dengan
baik, yaitu sebesar 86%, (3) jumlah Peserta didik yang telah mencapai KKM,
sebanyak 80% dari 10 Peserta didik kelas IV SDN 10 Mananggu, dan (4) minat
belajar siswa yang meliputi; perhatian, percaya diri, kepuasan, dan relevansi minimal
telah mencapai 90%. Berdasarkan temuan ini maka disimpulkan bahwa, "dengan
menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe guided teaching maka minat dan
pemahaman tentang pelajaran IPS khususnya materi mengenal masalah sosial pada
siswa kelas IV SDN 10 Mananggu, meningkat"
Kata kunci: Guided Teaching, minat, dan pemahaman
Download berkas