SKRIPSI

Penulis / NIM
JUNARJO ADAM / 151412283
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
ABSTRAK Junarjo Adam, "Meningkatkan Minat Siswa Dan Pemahaman Tentang Materi Mengenal Masalah Sosial Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Guided Teaching di Kelas IV SDN 10 Mananggu" tahn 2014 dengan Pembimbing 1 Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si, dan Pembimbing 2 Samsi Pomalingo, S.Ag. MA. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat siswa dan pemahaman siswa terhadap materi mengenal masalah sosial pada mata pelajaran IPS melalui tipe guided teaching bagi siswa kelas IV SDN 10 Mananggu. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan Classroom Action Research model Kemmis dan Tagart. Temuan penelitian adalah; (1) langkah-langkah pembelajaran Kooperatif tipe guided teaching telah dilaksanakan dengan baik, yaitu sebesar 87%, (2) keterlaksanaan kegiatan siswa dalam Kooperatif tipe guided teaching telah dilaksanakan dengan baik, yaitu sebesar 86%, (3) jumlah Peserta didik yang telah mencapai KKM, sebanyak 80% dari 10 Peserta didik kelas IV SDN 10 Mananggu, dan (4) minat belajar siswa yang meliputi; perhatian, percaya diri, kepuasan, dan relevansi minimal telah mencapai 90%. Berdasarkan temuan ini maka disimpulkan bahwa, "dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe guided teaching maka minat dan pemahaman tentang pelajaran IPS khususnya materi mengenal masalah sosial pada siswa kelas IV SDN 10 Mananggu, meningkat" Kata kunci: Guided Teaching, minat, dan pemahaman
Download FILE

ARSIP

2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011