SKRIPSI

Penulis / NIM
SRI DEWI NOVIA. I. MARADA / 151412285
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Abstrak
Sri Dewi Novia Marada. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPS Materi Sejarah Uang Melalui Model Kooperatif Tipe STAD Siswa Kelas III SDN 1 Lion Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si dan Pembiming II Dra. Elmia Umar, M.Pd. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah apakah model pembelajaran tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar pada pelajaran IPS materi sejarah uang Siswa Kelas III SDN 1 Lion Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS materi sejarah uang Kelas III SDN 1 Lion Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus di Kelas III SDN 1 Lion Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Tehnik Pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi aktivitas guru dan siswa, wawancara, tes, dan dokumentasi.Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada materi sejarah uang pelajaran IPS kelas III mengalami peningkatan menjadi 8 siswa (61.54%). Hal ini cukup tinggi jika dibandingkan dengan hasil observasi awal hanya sebesar hanya sebanyak 5 siswa (38.46%) dari 13 siswa yang ada di kelas III SDN 1 Lion. Setelah melalui tindakan pada siklus II diperoleh peningkatan hasil belajar siswa pada materi sejarah uang menjadi 11 siswa (84.62%) dari 13 siswa yang ada di Kelas III SDN 1 Lion Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Berdasarkan temuan ini pula hipotesis penelitian yang berbunyi "Jika Model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD diterapkan pada Pembelajaran IPS materi sejarah uang, maka hasil belajar siswa di kelas III SDN 1 Lion meningkat "artinya hipotesis dapat diterima. Kata Kunci : Hasil Belajar, Materi Sejarah Uang, Model STAD.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011