Penulis / NIM
YUSNI BOTUTIHE / 151412286
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Abstrak
Yusni Botutihe. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN 08 Marisa Kecamatan Marisa Kabupaten Pohuwato. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si dan Pembimbing II Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif Tipe STAD Pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN 08 Marisa Kecamatan Marisa Kabupaten Pohuwato.
Metode yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas. penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu, Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan tindakan, Tahap Pemantauan dan evaluasi, Tahap Analisis dan refleksi
Data hasil pengamatan hasil belajar siswa pada siklus I siswa yang tuntas berjumlah 13 orang atau 54.17%,yang belum tuntas berjumlah 11 orang atau 45.83% dan pada siklus II siswa yang tuntas berjumlah 20 orang atau 83.33% dan yang belum tuntas berjumlah 4 orang atau 16.67%. Hal ini merupakan salah satu bukti dari keberhasilan penggunaan model pembelajaran STAD terhadap peningkatan hasil belajar siswa tentang materi membaca peta. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa setelah menggunakan model pembelajaran STAD aktivitas siswa pada pembelajaran lebih terfokus kemateri dan dengan penggunaan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV SDN 08 Marisa Kecamatan Marisa Kabupaten Pohuwato.
Download berkas