Penulis / NIM
SERFIN BUSURA / 151412289
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
ABSTRAK
Serfin Busura. 2014. Meningkatkan Kemampuan siswa membaca teks melalui model
pembelajaran Snowball Throwing di kelas II SDN 2 Karya Baru Kecamatan Dengilo
Kabupaten Pohuwato. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas
Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Rusmin Husain,
S.Pd, M.Pd. dan Pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah Melalui Model Pembelajaran Snowball
Throwing dapat meningkatkan kemampuan siswa membaca teks di kelas II SDN 2
Karya Baru Kecamatan Dengilo Kabupaten Pohuwato. Tujuan penelitian ini adalah
untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca teks melalui model pembelajaran
Snowball Throwing di kelas II SDN 2 Karya Baru Kecamatan Dengilo Kabupaten
Pohuwato.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian menemukan bahwa data pada
observasia awal yang mampu hanya sekitar 7 orang atau 46,75 dari 15 orang siswa.
Siklus 1 yang mampu sekitar 9 orang siswa atau 60%, sedangkat pada siklus 2 meningkat
menjadi 14 orang siswa atau 93%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model
pembelajaran Snowball Throwing kemampuan siswa Kelas II dalam Membaca teks di
SDN 2 Karya Baru Kecamatan Dengilo Kabupaten Pohuwato meningkat.
Kata Kunci: Kemampuan Siswa, Membaca Teks, Model Snowball Throwing.
Download berkas