Penulis / NIM
SITTI RAHMA TAHA / 151412290
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
ABSTRAK
SITTI RAHMA TAHA. 2014. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis
Kalimat Sederhana Melalui Model Stad Di kelas IV SDN No. 70 Kota Timur
Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu
Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Dra. Hj.Salma Halidu S.Pd M.Pd
Pembimbing I dan Hj. Sumarni Mohammad S.Pd, pembimbing II
Permasalahan dalam penelitian ini adalah ": Apakah melalui model STAD dapat
meningkatkan kemampuan siswa menulis kalimat sederhana di kelas IV SDN 70
Kota Timur Kota Gorontalo?". Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah
untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis kalimat sederhana melalui model
STAD di kelas IV SDN 70 Kota Timur Kota Gorontalo.
Dari hasil pada observasi awal diperoleh 45.17% siswa yang memiliki
kemampuan dalam menulis kalimat sederhana, sedangkan yang kurang memiliki
kemampuan dalam menulis kalimat sederhana 54.83yo, selanjuhrya setelah
melakukan tindakan dengan dalam pembelajaran Menulis Kalimat Sederhana
Melalui Model STAD ternyata pada siklus I menunjukan peningkatan sebesar
67.'740/o, Selanjutnya pada tindakan siklus II menunjukan peningkatan dengan
presentase 93.54% siswa yang memiliki kemampuan dalam menulis kalimat
sederhana, sedangkan yang kurang mampu hanya 6.460/o. Berdasarkan hasil
penelitian dan pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui
model STAD Kemampuan Siswa Menulis Kalimat Sederhana Di Kelas fV SDN
7A KohTimur Kota Gorontalo mengalami peningkatan.
Kata Kunci: Menulis, Kalimat Sederhan4 model STAD
Download berkas