Penulis / NIM
SUKRI HARUN / 151412292
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
Sukri Harun. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Sumber Daya Alam Dengan Lingkungan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Macth Di Kelas IV SDN 1 Lion Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing Prof. Dr. H. Haris Panai, S.Pd., M.Pd dan pembimbing II Meylan Saleh, S.Pd.,M.Pd
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “apakah hasil belajar siswa pada materi hubungan sumber daya alam di kelas IV SDN 1 Lion Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dapat ditingkatkan melalui pembelajaran kooperatif tipe Make A Macth ? Dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Make A Match melalui model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match di kelas IV SDN 1 Lion Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus di kelas IV SDN 1 Lion Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Tehnik Pengumpulan data dalam penelitian ini berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa, tes serta dokumentasi. Dengan demikian dapat disimpulkan hipotesis tindakan yang berbunyi “Jika guru menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada materi perubahan kenampakan bumi, maka hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Lion Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dapat meningkat” terbukti.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match, Hubungan Sumber Daya Alam Dengan Lingkungan.
Download berkas