Penulis / NIM
EVASUSANTI MANGGA / 151412298
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Evasusanti Mangga 2014 Meningkatkan Kemampuan Siswa
Mendeskripsikan Benda Melalui Permainan Kartu Di Kelas II SDN 04
Mananggu Kabupaten Boalemo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing I Dra. Hj Evi Hasyim, M.Pd dan Pembibing II Wiwy T. Pulukadang,
S.Pd, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini dirumuskan Apakah Dengan Menggunakan
Permainan Kartu Kemampuan Siswa Mendeskripsikan Benda Di Kelas II SDN 04
Mananggu Kabupaten Boalemo Dapat Ditingkatkan ? Tujuan penelitian ini yaitu
untuk meningkatkan kemampuan siswa mendeskripsikan benda di kelas II SDN
04 Mananggu Kabupaten Boalemo melalui permaianan kartu. Metode yang
digunakan dalam penulisan ini adalah penelitian tindakan kelas yaitu untuk
memperoleh hasil kemampuan siswa mendeskripsikan benda melalui permainan
kartu di Kelas II SDN 04 Mananggu Kabupaten Bualemo.
Berdasarkan hasil penelitian
dalam meningkatkan Kemampuan siswa
mendeskripsikan Benda pada observasi awal yang mampu 5 siswa (25%) yang
kurang mampu 5 siswa (25%) dan yang tidak mampu 10 siswa (50%) dari 20
siswa. Kemudian pada siklus I yang mampu 11 siswa (55%) yang kurang mampu
7 siswa (35%) dan yang tidak mampu 2 siswa (10%). Dilanjutkan pada siklus II
yang mampu 17 siswa (85%) yang kurang mampu 2 siswa (10%) dan yang tidak
mampu 1 siswa (5%).
Dengan demikian Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa permainan kartu dapat
meningkatkan kemampuan siswa mendeskripsikan benda di Kelas II SDN 04
Mananggu Kabupaten Boalemo.
Kata Kunci : Kemampuan, Permainan Kartu.
Download berkas