SKRIPSI

Penulis / NIM
SURIATI KAUNANG / 151412301
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
DR. MUCHTAR AHMAD, S.Pd, M.Si / 0004057805
Abstrak
Suriati Kaunang. 2013. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Model Pembelajaan Make a Match di Kelas IV SDN 06 Patilanggio Kabupaten Pohuwato. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Mucthar Ahmad, S.Pd, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ips melalui model pembelajaan make a match di Kelas IV SDN 06 Patilanggio Kabupaten Pohuwato. Metode yang dipakai dalam penelitian tindakan kelas. penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu, Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan tindakan, Tahap Pemantauan dan evaluasi, Tahap Analisis dan refleksi Hasil penelitian menunjukkan dari tiga aspek penilaian yaitu: Perkembangan teknologi produksi komunikasi, Ciri alat-alat transportasi, Pengalaman dalam menggunakan alat komunikasi dan transportasi, telah memenuhi target indikator yang ditetapkan, yaitu minimal rata-rata 75 % siswa yang hadir menguasai tiap aspek penilaian tersebut. Pada kegiatan siklus 1 berada pada kisaran nilai rata-rata 57.9 atau berada pada kategori tidak tuntassedangkan pada kegiatan siklus II berada pada kisaran nilai rata-rata 79.9 atau berada pada kategori tuntas. Dengan demikian secara keseluruhan aspek penilaian yang telah dilakukan dari observasi awal, pelaksanaan pembelajaran siklus 1, dan siklus 2, melalui penerapan model pembelajaran make a match, dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa Kelas IV SDN 06 Patilanggio secara maksimal terhadap materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi. Sehingga hipotesis yang berbunyi: " Jika menggunakan Model Pembelajaran Make a Match dalam pelajaran IPS maka aktivitas belajar siswa Kelas IV SDN 06 Patilanggio meningkat" dapat diterima, karena terbukti melalui penelitian tindakan kelas ini aktivitas belajar siswa Kelas IV SDN 06 Patilanggio terhadap materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi dapat ditingkatkan melalui penggunaan model pembelajaran make a match. Kata Kunci: Aktivitas Belajar Siswa, Model Make a Match
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011