Penulis / NIM
ANEKE KAANGKUNG / 151412302
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Abstrak
ABSTRAK
Aneke Kaangkung, 2014. "Meningkatkan Kemampuan Mengurang Pecahan Biasa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams-Achievements Divisions (STAD) Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Papualangi Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara". Skripsi Jurusan PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Sarson. W. DJ. Pomalato. Dan pembimbing II Dra. Martianty Nalole, M.Pd.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah kemampuan mengurang pecahan biasa dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievenments Divisions (STAD) pada siswa kelas IV SDN 2 Papualangi Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara? Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengurang pecahan biasa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievenments Divisions (STAD) pada siswa kelas IV SDN 2 Papualangi.
Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi dan tahap analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian tindakan pada siklus I diperoleh 11 orang siswa yang mampu mengurang pecahan biasa atau 55% siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas. Sedangkan 9 orang siswa yang tidak mampu mengurang pecahan biasa atau 45% siswa yang mendapat nilai 75 ke bawah. Namun hasil tersebut belum mencapai indikator kinerja yang ditetapkan, maka dilanjutkan pada tindakan siklus II. Pada pelaksanaan tindakan siklus II diperoleh hasil 18 orang siswa yang mampu mengurang pecahan biasa atau 90% siswa yang mendapat nilai 75 ke atas. Sedangkan 2 orang siswa yang tidak mampu mengurang pecahan biasa atau 10% yang mendapat nilai 75 ke bawah. Pada pelaksanaan tindakan siklus II ini mengalami peningkatan sebesar 45 % dari siklus I. Dengan demikian disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievenments Divisions (STAD) kemampuan mengurang pecahan biasa pada siswa kelas IV SDN 2 Papualangi Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara, meningkat.
Kata kunci : Kemampuan, mengurang, pecahan biasa, STAD
Download berkas