Penulis / NIM
MARYAM LANTOWA / 151412305
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
ABSTRAK
Maryam Lantowa. 2014. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan
Melalui Metode Pemberian Tugas Pada Siswa Kelas I SDN 2 Biau Kabupaten
Gorontalo Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu
Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Hj.Sumarni Mohammad
S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, M. Pd.
Permasalahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah apakah melalui metode
pemberian tugas dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada
siswa di kelas 1 SDN 2 Biau Kabupaten Gorontalo Utara. Tujuan Penelitian ini
adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui metode
pemberian tugas di kelas I SDN 2 Biau Kabupaten Gorontalo Utara. Metode yang
digunakan melalui penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data
observasi tes dan dokumentasi yang dilakukan 2 siklus pada siswa yang berjumlah
21 orang.
Hasil kegiatan observasi awal adalah 28.57%, hasil siklus 1 meningkat menjadi
57.14%, selanjutnya siklus II meningkat menjadi 95,23%., sehingga dapat
disimpulkan bahwa melalui penerapan metode pemberian tugas dapat
meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa di kelas I SDN 2 Biau
Kabupaten Gorontalo Utara tahun pelajaran 2013/2014.
Kata Kunci: Membaca Permulaan, Metode Pemberian Tugas
Download berkas