Penulis / NIM
SELMI MUSA / 151412306
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
Selmi Musa 2014. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Laporan
Pengamatan Melalui Metode Karya Wisata di kelas V SDN 01 Mananggu
Kecamatan Mananggu Kabupaten Boalemo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru
Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing I Dr. Hj. Rusmin Husain M.Pd, Pembimbing II. Dra. Dajani
Suleman, M.Hum.
Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah melalui metode karya wisata
kemampuan siswa menulis laporan pengamatan di kelas kelas V SDN 01
Mananggu Kecamatan Mananggu Kabupaten Boalemo akan meningkat ? Tujuan
dalam penelitian ini adalah untuk Meningkatkan kemampuan siswa menulis
laporan pengamatan melalui metode karya wisata di kelas V SDN 01 Mananggu
Kecamatan Mananggu Kabupaten Boalemo. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode penelitian kelas yaitu untuk memperoleh data
kemampuan siswa menulis laporan pengamatan melalui metode karya wisata di
kelas V SDN 01 Mananggu Kecamatan Mananggu Kabupaten Boalemo.
Berdasarkan hasil penelitian kemampuan siswa menulis laporan pengamatan pada
pelaksanaan observasi awal dari 15 jumlah siswa yang mampu 2 siswa (13%)
yang tidak mampu 13 siswa (87%). Siklus I yang mampu 7 siswa (46%), yang
kurang mampu 4 siswa (27%) yang tidak mampu 4 siswa (27%). Pada siswa II
yang mampu 13 siswa (86%) yang kurang mampu 1 siswa (7%) dan yang tidak
mampu 1 siswa (7%).
Dengan demikian penelitianini dapat disimpulkan bahwa metode karya wisata
dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis laporan pengamatan di kelas V
SDN 01 Mananggu Kecamatan Mananggu Kabupaten Boalemo.
Kata Kunci : Laporan, Pengamatan, Karya Wisata
Download berkas