Penulis / NIM
MUNAWIR DULMAN / 151412308
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
ABSTRAK
Munawir Dulman, 2014. Judul penelitian"Meningkatkan hasil belajar
siswa pada pelajaran IPS Materi Perjuangan Dalam mempertahankan
Kemerdekaan melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dikelas V SDN 6 Marisa Kabupaten Pohuwato" dibawah Bimbingan Bapak Drs. H. Haris Mahmud.,M.Si selaku pembimbing I dan Bapak Samsi Pomalingo,S.Ag.,MA selaku pembimbing II.
Permasalahan dalam pembelajaran ini adalah apakah dengan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada
pelajaran IPS materi perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan di kelas V
SDN 6 Marisa Kabupaten Pohuwato?. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil
belajar siswa pada Pelajaran IPS materi perjuangan dalam mempertahankan
kemerdekaan melalui model pembelajaran tipe STAD di kelas V SDN 6 Marisa
Kabupaten Pohuwato.
Hasil evaluasi belajar siswa dalam pada siklus I menunjukkan hasil evaluasi
belajar siswa tentang hasil belajar menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh
pencapaian diatas ketuntasan pembelajaran 70% adalah sebanyak 21 orang siswa atau
73% dan siswa yang memperoleh nilai ketuntasan pembelajaran rendah 8 orang siswa
atau 27%. Hal ini berarti bahwa belajar siswa khususnya pada pelajaran IPS,
sementara beberapa siswa belum mencapai kriteria KKM yang diharapkan.
Hasil evaluasi belajar pada siklus II untuk meningkatkan pembelajaran pada
siklus II tentang hasil belajar menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh
pencapaian diatas ketuntasan pembelajaran 75% adalah sebanyak 25 orang siswa atau
90% dan siswa yang memperoleh nilai ketuntasan pembelajaran rendah 3 orang siswa
atau 10%.
Dengan demikian dari 29 orang siswa, terdapat 26 orang siswa atau 90%
mencapai kriteria tuntas dalam meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada
materi Perjuangan Dalam mempertahankan Kemerdekaan pelajaran IPS atau dapat
melebihi kriteria yang telah ditetapkan sebesar 75%, sementara 3 orang siswa atau
12% belum mencapai kriteria tuntas dalam hasil belajarnya.
Berdasarkan temuan ini pula jelas bahwa hipotesis penelitian yang berbunyi
"Jika Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD diterapkan pada IPS, maka hasil
belajar siswa meningkat SD Negeri 6 Marisa Kelas V Kabupaten Pohuwato".dapat
diterima.
Kata Kunci; Hasil Belajar dan Model Pembelajaran STAD
Download berkas