SKRIPSI

Penulis / NIM
ZULKAMAL MAYULU / 151412311
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Abstrak
ABSTRAK Zulkamal Mayulu. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Gaya Melalui Metode Penemuan Terbimbing di Kelas V SDN 06 Dengilo Kecamatan Dengilo Kabupaten Pohuwato. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abd. Haris PanaI, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Lukman AR. Laliyo, M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang gaya melalui metode penemuan terbimbing di Kelas V SDN 06 Dengilo Kecamatan Dengilo Kabupaten Pohuwato. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dilaksanakan dalam bentuk siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu, Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan tindakan, Tahap Pemantauan dan evaluasi, Tahap Analisis dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis dari dua siklus dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan kegiatan meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi gaya melalui metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V SDN 06 Dengilo Kabupaten Pohuwato, terutama dalam Menjelaskan pengertian gaya gesek; memperkecil atau memperbesar gaya gesekan dan memberi contoh materi gaya tersebut semakin baik Peningkatan perolehan nilai rata-rata dari hasil pengamatan hasil belajar siswa yang dicapai pada siklus 1 yaitu pada rentang nilai 60% atau berada pada kategori tidak tuntas, jika dibandingkan dengan hasil perolehan nilai rata-rata yang dicapai siswa pada kegiatan observasi awal yaitu berada pada rentang nilai 40% atau sama-sama berada pada kategori tidak tuntas namun demikian sudah mengalami peningkatan. Adapun pada siklus 2 dari 20 orang siswa Kelas V SDN 06 Dengilo Kabupaten Pohuwato yang, hasil belajar mata pelajaran IPA materi gaya, mengalami peningkatan yaitu terdapat 16 orang siswa (80%) yang tuntas dengan baik yaitu berada pada rentang nilai 75-100 dan ada 4 orang siswa (20%) tidak tuntas dalam materi gaya. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Metode Penemuan Terbimbing
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011