Penulis / NIM
NANIH YUNINGSIH / 151412313
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Abstrak
ABSTRAK
Nanih Yuningsih
2014
Meningkatkan Kemampuan Menulis Deskripsi Benda-Benda Dengan Kalimat Sederhana Melalui Metode Pemberian Tugas Pada Siswa
diKelas II SDN 91 Sipatana Kota Gorontalo
Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I
Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Yusuf Jafar, M.Pd
Permasalahan
dalam penelitian ini adalah
"
Apakah kemampuan
menulis deskripsi
benda
-
benda dengan kalimat sederhana dapat ditingkatkan melalui metode
pemberian tugas pada siswa di kelas II SDN 91 Sipatana Kota Gorontalo?"
.
Adapun
tujuan penelitian ini
adalah
untuk
meningkatkan kemampuan menulis
deskripsi benda
-
benda
dengan kalimat sederhana melalui metode pemberian
tugas
.
Metode
penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK)
yang dilaksanakan 2 siklus dengan teknik pengumpulan data observasi, tes dan
dokumentasi
.
Berdasarkan
hasil
observasi awal
kemampuan
yang diperoleh siswa
berjumlah
6
orang atau sebesar
40
%
dari jumlah 15 orang.
pada siklus I
meningkat menjadi
9
orang atau sebesar
60
%
dan pada siklus II meningkat
lagi
menjadi
14
orang atau
sebesar
93
.33
%
.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
dengan menggunakan
Metode Pemberian Tugas
dapat
meningkatkan
kemampuan
menulis deskr
ipsi benda
-
benda dengan kalimat
sederhana
di
Kelas II SDN 91
Sipatana Kota Gorontalo
.
Kata Kunci:
Menulis, Deskripsi Benda
-
Benda, Kalimat
Sederhana
,
Metode
Pemberian Tugas
.
Download berkas