Penulis / NIM
YUYIN J. O. SALIHI / 151412314
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Abstrak
ABSTRAK
Yuyin J.O Salihi. 151 412 314. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sifat-sifat
Cahaya Melalui Metode Eksperimen di Kelas V SDN 2 Tolinggula Ulu. Skripsi, Jurusan Pendidikan
Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof Dr.
H. Abdul Haris Panai, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II Dr. Sukirman Rahim, S.Pd, M.Si.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah penggunaan metode eksperimen dapat
meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Sifat-sifat cahaya di kelas V SDN 2
Tolinggula Ulu. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini, yaitu untuk meningkatkan
motivasi belajar yang dibuktikan dengan hasil belajar siswa melalui metode eksperimen.Yang
menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 25 orang, 9 orang laki-laki
dan 16 orang perempuan. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK)
melalui tahap persiapan/observasi. Tahap pelaksanaan tindakan, pengamatan dan evaluasi yang
berlangsung dalam 2 siklus dan hasilnya dideskripsikan melalui tahap analisis data. Hasil penelitian
tindakan yang dianalisis pada siklus I dan II telah terjadi peningkatan yakni dari 00% - 24,99% yang
memperoleh nilai lebih dari 65 dengan daya serap 67,1% meningkat menjadi 75% - 100% dengan
daya serap 78% berdasarkan hasil prosentase lembar pengamatan motivasi belajar. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan Motivasi belajar siswa.
Kata Kunci
: Motivasi Belajar, Dan Metode Eksperimen
Download berkas