Penulis / NIM
KASIM BADU / 151412316
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
ABD.WAHAB PAKAYA,S.KEP,NS / 03
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ABDUL HAFIDZ OLII, S.Pi., M.Si / 0010087304
Abstrak
Kasim Badu. 2013. Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Materi Masalah-Masalah Sosial Di Lingkungan Setempat Dengan Menggunakan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Al-Izzah Kabupaten Pohuwato. Pembimbing I Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si dan Pembimbing II Samasi Pomalingo, MA
Masalah penelitian ini yaitu Apakah dengan menggunakan media Audio Visual dapat meningkatkan minat belajar siswa pada materi masalah-masalah sosial di lingkungan setempat pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Al-Izzah Kabupaten Pohuwato. Tujuan penelitian ini adalah Berdasarkan rumusan masalah di atas maka tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa pada materi masalah-masalah sosial dengan menggunakan media Audio Visual pada mata pelajaran IPS Kelas IV SD Al-Izzah Kabupaten Pohuwato.
Penelitian dilaksanakan di SD Al-Izzah Kabupaten Pohuwato kelas IV dengan jumlah siswa 25 orang yang terdiri dari laki-laki 13 perempuan 12 orang. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan materi masalah-masalah sosial dilingkungan setempat.
Dari kegiatan hasil kegiatan dalam 2 siklus terlihat bahwa pada data observasi awal prosentase minat belajar siswa hanya 40% atau 10 orang siswa. Siklus I menjadi 70 % atau 12 orang siswa. Oleh karena pada siklus I belum mencapai 75 % maka tindakan dilanjutkan ke siklus II dan terjadi kenaikan prosentase minat belajar siswa menjadi 81,6 % atau 18 orang siswa. Hal ini menunjukkan bahwa indicator kinerja dalam penelitian ini telah tercapai.
Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan stad pada materi tentang masalah-masalah sosial dilingkungan setempat pada pelajaran IPS terbukti hasil belajar siswa meningkat dengan baik.
Kata Kunci : masalah-masalah sosial dilingkungan setempat, model STAD
Download berkas