Penulis / NIM
LIN HUWOLO / 151412319
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
ABSTRAK
Lin Huwolo. 2014. Skripsi dengan judul penelitian meningkatkan keterampilan siswa menyampaikan pesan melalui metode role and play kelas IV SDN 08 Mananggu Kabupaten Boalemo. dibawah Bimbingan Ibu Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing I dan Ibu Dra. Dajani Suleman, M.Hum selaku pembimbing II.
Permasalahan dalam pembelajaran ini adalah apakah dengan metode role and play keterampilan menyampaikan pesan siswa kelas IV SDN 08 Mananggu Kabupaten Boalemo akan meningkat.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian PTK, metode ini dimaksudkan untuk meningkatkan keterampilan siswa. Berdasarkan penjelasan tersebut dapat diperoleh bahwa setiap kali tindakan dilakukan selalu mengalami peningkatan yang signifikan terbukti indikator kinerja yang ditetapkan berhasil yaitu jika sebelumnya jumlah siswa yang terampil dalam menyampaikan pesan pada siklus 1 hanya sebanyak 12 siswa (70.59% ) meningkat pada siklus 2 menjadi 15 orang siswa (88.24%) siswa. Sedangkan 2 atau (11.76%) siswa merupakan jumlah siswa yang kurang terampil dan akan diperbaiki melalui proses remedial.
Hasil tersebut memberikan gambaran perbedaan ketika guru kelas menggunakan proses pembelajaran yang konvensional tanpa memahami bagaimana kondisi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dengan pemilihan dan penerapan metode role and play secara tepat dengan langkah-langkah yang sesuai disetiap tindakan memperoleh hasil pembelajaran yang maksimal. Oleh karenanya peneliti telah yakin bahwa dengan menggunakan metode role and play keterampilan siswa menyampaikan pesan kelas IV SDN 08 Mananggu dalam menyampaikan pesan dapat diterima.
Kata Kunci: Keterampilan Siswa, Metode Role and Play
Download berkas