Penulis / NIM
WARNI MOHI / 151412320
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Abstrak
BSTRAK
Warni Mohi, 2014. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran
Materi Energi Bunyi Melalui Pendekatan Inkuiri Di Kelas IV SDN 3 Bulango
Selatan Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah
Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd M.Pd, Pembimbing II Dr. Sukirman Rahim, M.Si. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah motivasi belajarsiswa pada materi energi bunyi dapat ditingkatkan melalui pendekatan inkuiri dikelas IV SDN 3 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango? Adapun tujuanpenelitian ini adalah untuk Tujuan dalam penelitian ini adalah untukmeningkatkan motivasi belajar siswa pada materi energi bunyi melalui pendekataninkuiri di kelas IV SDN 3 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango. JikaPembelajaran dengan pendekatan inkuiri diterapkan pada pada materi energibunyi, maka motivasi belajar siswa meningkat Di Kelas IV SDN 3 BulangoSelatan Kabupaten Bone Bolango ".dapat diterima Berdasarkan hasil penelitian,
proses meningkatkan motivasi belajar siswa materi energi bunyi melalui
pendekatan inkuiri Di Kelas IV SDN 3 Bulango Selatan Kabupaten Bone
Bolango. Hal ini dibuktikan dengan ketuntasan yang diperoleh siswa sebelum
menggunakan Pendekatan inkuiri ketuntasan pada siklus I yang paham 11 orang
atau sebesar 50% dan pada siklus II ketuntasan meningkat lagi menjadi 18 orang
atau ketuntasan sebesar 81.82%.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan
inkuiri dapat meningkatkan motivasi belajar siswa materi energi bunyi melalui
pendekatan inkuiri Di Kelas IV SDN 3 Bulango Selatan Kabupaten Bone
Bolango.
Kata Kunci: Motivasi, Belajar, Inkuiri.
Download berkas