Penulis / NIM
MELINDA HALUSI / 151412323
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
Melinda Halusi. 2013.ā€¯Meningkatkan Kemampuan Siswa tentang Unsur Gerak Tari Melalui Metode Demonstrasi di Kelas I SDN 40 Hulothalangi Kota Gorontaloā€¯. Dibawah pembimbing 1. Drs. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si dan Pembimbing 2. Wiwy T. Pulukadang, S.Pd., M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ; apakah kemampuan siswa tentang unsur gerak tari dapat ditingkatkan i melalui metode demonstrasi di Kelas I SDN 40 Hulothalangi Kota Gorontalo. Data penelitian ini dikumpulkan melalui observasi dokumen, kemudian data dianalisis secara bertahap dari data pengamatan siklus. Adapun Tujuan penelitian ini dalah untuk mengetahui sejauhmana peningkatan kemampuan siswa tentang unsur gerak tari setelah diterapkan metode demonstrasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa tentang unsur gerak tari yang diterapkan melalui metode demonstrasi telah mengalami peningkatan. Pada observasi awal kemampuan siswa masih tergolong rendah, pada siklus I untuk dimensi gerak meningkat menjadi 64% dan siklus II meningkat menjadi 83%, sedangkan dimensi ekspresi siswa pada siklus I menjadi 64% dan siklus II meningkat menjadi 87%. Keseluruhan peningkatan rata-rata pada siklus 1 64% dan siklus II 85%.
Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa tentang unsur gerak tari si Kelas SDN 40 Hulonthalangi Kota Tengah Kota Gorontalo dapat ditingkatkan melalui metode demonstrasi.
Kata kunci: kemampuan siswa, unsur gerak tari, metode demostrasi
Download berkas