Penulis / NIM
RISKA DJAFAR / 151412326
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
Riska Djafar. 2013. Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Metode Talking Stick di Kelas I SDN 3 Bone Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M. Pd dan Pembimbing II Hj. Sumarni Mohammad, S.Pd. M.Pd.
Permasalahan yang akan diteliti adalah “Apakah kemampuan siswa membaca permulaan melalui metode talking stick di kelas I SDN 3 Bone Kabupaten Bone Bolango dapat ditingkatkan?”Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca permulaan melalui metode Talking Stick di kelas I SDN 3 Bone Kabupaten Bone Bolango.
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan yang dilaksanakan dalam dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II, setiap siklus terdiri dari persiapan tindakan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, analisis dan refleksi.
Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I meningkat sejumlah 16 orang siswa atau 66.67%, sedangkan pada siklus II lebih meningkat menjadi sejumlah 22 orang siswa atau sebesar 91.67%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa melalui metode Talking Stick di kelas I SDN 3 Bone Kabupaten Bolango.
Kata Kunci: Membaca Permulaan, Metode Talking Stick.
Download berkas