Penulis / NIM
RAHMAWATI HAMZAH / 151412327
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK
Rahmawati Hamzah, 2014. Judul penelitian"Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada
Materi Gerak Benda melalui Metode Eksperimen di Kelas III SDN 12 Botumoito
Kecamatan Botumoito Kabupaten Boalemo" Oleh Lukman AR. Laliyo, S.Pd, M.Pd
selaku pembimbing I dan Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing II.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada
Materi Gerak Benda melalui Metode Eksperimen di Kelas III SDN 12 Botumoito
Kecamatan Botumoito Kabupaten Boalemo. Metode yang dipakai dalam penelitian
ini yaitu penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus
yang terdiri dari 4 tahap yaitu, Tahap persiapan, Tahap pelaksanaan tindakan, Tahap
pemantauan dan evaluasi, Tahap analisis dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa penggunaan metode eksperimen dalam pelajaran IPA dapat meningkatkan
hasil belajar siswa Kelas III SDN 2 Botumoito. Hal ini dapat dilihat dari perolehan
nilai rata-rata kegiatan siklus 1 pada tiga aspek yaitu: Menyebutkan berbagai gerak
benda (berputar, menggelinding, memantul, jatuh, meluncur, mengalir), Menyebutkan
contoh dari berbagai gerak benda yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari, serta
menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan
ukuran mencapai 46.15 atau 12 orang berada pada kategori tuntas meningkat pada
kegiatan siklus II dengan hasil capaian 84.62 atau 22 orang berada pada kategori
tuntas. Dengan demikian hipotesis penelitian, Jika guru menggunakan metode
eksperimen, maka hasil belajar siswa materi gerak benda Kelas III SDN 12
Botumoito Kabupaten Boalemo tentu akan meningkat. Telah terbukti dan dapat
diterima.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Eksperimen
Download berkas