Penulis / NIM
SURIYATI HUNOU / 151412328
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs PERRY ZAKARIA, M.Pd / 0017086408
Pembimbing 2 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Abstrak
ABSTRAK
Suriyati Hunou. NIM. 151412328. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang
Penjumlahan Bilangan 1 sampai 500 Melalui Metode Bermain di Kelas II SDN 70
Kota Timur Kota Gorontalo. Skripsi. 2014. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas
Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Ferry Zakaria, M.Pd. dan pembimbing II
Dr. Hj. Asni Ilham, S.Pd.,M.Si.
Rumusan masalah dalam penelitian yakni apakah hasil belajar siswa tentang
penjumlahan bilangan 1 sampai 500 di kelas II SDN No. 70 Kota Timur Kota
Gorontalo dapat ditingkatkan melalui metode bermain?. Tujuan penelitian ini
adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang penjumalahan bilangan 1
sampai 500 melalui metode bermain di kelas II SDN 70 Kota Timur Kota
Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
yang dibagi dalam dua siklus.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa pada tindakan kelas siklus I peningkatan
hasil belajar tentang materi penjumlahan bilangan 1 sampai 500 melalui metode
bermain dengan menggunakan balok-balok kecil pada siswa kelas II SDN No. 70
Kota Timur Kota Gorontalo terdapat 11 siswa atau 55% yang mampu, 6 siswa
atau 30% yang kurang mampu dan 3 siswa atau 15% yang tidak mampu. Pada
tindakan kelas siklus II hasil belajar tentang materi penjumlahan melalui metode
bermain dengan menggunakan balok-balok kecil pada siswa kelas II SDN No. 70
Kota Timur Kota Gorontalo terdapat 15 siswa atau 75% yang mampu, 5 siswa
atau 25% yang kurang mampu dan tidak ada lagi siswa yang tidak mampu.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Bermain
Download berkas