Penulis / NIM
MISI MAHMUD / 151412329
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
Misi Mahmud, 2013. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Melalui Metode Bermain Kartu Kata di SDN No 14 Kota Barat. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II Hj. Sumarni Mohammad, S.Pd. M.Pd
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah kemampuan membaca permulaan siswa kelas I di SDN No. 14 Kota Barat melalui metode bermaian kartu kata dapat ditingkatkan?” Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I melalui metode bermain kartu kata di SDN No. 14 Kota Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari persiapan tindakan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, analisi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, proses pembelajaran Membaca Permulaan Siswa Kelas I Melalui Metode Bermain Kartu Kata di SDN No 14 Kota Barat, pada siklus I meningkat menjadi 12 orang (54,55%) dan pada siklus II kemampuan membaca menjadi 21 orang (95,45%). Dengan demikian bahwa peningkatan kemampuan siswa membaca permulaan melalui metode bermain kartu kata dapat meningkat dan mencapai standar ketuntasan yang ditetapkan.
Kata Kunci: Membaca Permulaan, Bermain Kartu Kata.
Download berkas