Penulis / NIM
KALSUM / 151412330
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra HAWA PATTIIHA, S.pd .,M.Pd / 0021016008
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
Kalsum. 2013. “Meningkatkan Kemampuan Siswa Menentukan Makna Kata
Melalui Membaca Teks di kelas IV SDN 1 Trikora Kabupaten Pohuwato”.
Program Studi S1 – PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri
Gorontalo, Pembimbing I Dra. Hawa Pattiiha, S.Pd. M.Pd,dan Pembimbing II
Dra. Sumarni Mohamad, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini dilakukan dengan mengajukan masalah Apakah kemampuan siswa
menentukan makna kata melalui membaca teks di kelas IV SDN 1 Trikora
Kabupaten Pohuwato dapat ditingkatkan. Tujuan penelitian ini adalah Untuk
meningkatkan kemampuan siswa menentukan makna kata dengan menggunakan
membaca teks di kelas IV SDN 1 Trikora Kabupaten Pohuwato.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode PTK yang
dilaksanakan di kelas IV SDN 1 Trikora Kabupaten Pohuwato dengan subjek
penelitian siswa yang berjumlah 18 orang, yang diolah secara kuantitatif, dengan
empat tahapan penelitian, yakni persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan
evaluasi, refleksi, dianalisis menggunakan persentase.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I dari 18 orang jumlah siswa,
terdapat 11 siswa atau 61% memperoleh nilai dari 70 ke atas. sehingga
dilaksanakan tindakan ke siklus II, Dari 18 orang jumlah siswa, terdapat 15 siswa
atau 83% memperoleh nilai dari 70 ke atas hasil capaian ini melebihi target yang
telah ditetapkan. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan
kemampuan menentukan makna kata di kelas IV SDN 1 Trikora Kabupaten
Pohuwato dapat ditingkatkan melalui Membaca teks. Dengan demikian bahwa
hipotesis tindakan yang telah dirumuskan terbukti dan dapat diterima.
Kata Kunci : Makna kata, Membaca teks
Download berkas