Penulis / NIM
HASNA PAKAYA / 151412331
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Abstrak
Hasna Pakaya. 2014. Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Tidak Resmi Melalui Pemberian Tugas Di Kelas V SDN 09 Popayato Kecamatan Popayato Kabupaten Pohuwato. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M. Pd dan Pembimbing II Dr. Yusuf Jafar, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan Pemberian Tugas dapat meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Tidak Resmi di kelas V SDN 09 Popayato Kecamatan Popayato Kabupaten Pohuwato. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Tidak Resmi Melalui Pemberian Tugas Di Kelas V SDN 09 Popayato Kecamatan Popayato Kabupaten Pohuwato. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tekhnik pengumpulan data, observasi, tes dan dokumentasi..
Berdasarkan hasil pelaksanaan observasi awal hanya berjumlah 9 orang atau sebesar 33.33%. Pada siklus I meningkat menjadi 18 orang atau sebesar 66.67% dan pada siklus II ketuntasan meningkat lagi menjadi 24 orang atau ketuntasan sebesar 88.89%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pemberian tugas dapat meningkatkan keterampilan menulis surat di kelas V SDN 09 Popayato Kecamatan Popayato Kabupaten Pohuwato.
Kata Kunci: Menulis Surat Tidak Resmi, Pemberian Tugas.
Download berkas