Penulis / NIM
ADWIYAH PIDO / 151412332
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
ADWIYAH PIDO. Judul Penelitian “Meningkatkan pemahaman siswa pada pelajaran IPS materi perkembangan teknologi transportasi melalui model pembelajaran numbered head togeter (NHT) Kelas IV MI Alkhairat Tilamuta Kabupaten Boalemo”. Skripsi. Di bawah bimbingan Ibu Dra.Hj.Hakop Walangadi, M.Si selaku pembimbing I dan Bapak Samsi Pomalingo, S.Ag, M.A selaku pembimbing II.
Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran NHT dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang materi perkembangan teknologi transportasi kelas IV di MI Alkhairat Tilamuta Kabupaten Boalemo ? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi perkembangan teknologi transportasi melalui model NHT Kelas IV di MI Alkhairat Tilamuta Kabupaten Boalemo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evalausi, analisis dan refleksi.
Hasil pengamatan awal peneliti dari jumlah siswa 25 orang tersebut hanya 7 orang siswa atau 28 % dapat memahami dengan baik dan benar tentang materi yang diajarkan tersebut, dan sekitar 72 % atau 18 orang siswa yang masih belum memahami dengan baik materi yang diajarkan guru.
Setelah dilaksanakan siklus I hasilnya diperoleh dari masing-masing aspek dengan nilai rata-rata kelas IV MI Alkhairat Tilamuta dalam pemahaman tentang perkembangan teknologi transportasi dengan menggunakan model pembeljaran NHT yaitu meningkat belajarnya, yang tuntas 16 orang (66%) sedangakan yang pemahamannya kurang berjumlah 8 orang (34%). Dan pada siklus II hasil perolehan nilai tiap aspek diperoleh nilai rata-rata kelas IV MI Alkhairat Tilamuta dalam pemahaman siswa pada materi perkembangan teknologi transportsi dengan menggunakan model pembelajaran NHT meningkat evaluasi belajarnya berjumlah 20 orang (83%) sedangkan yang kurang pemahamannya berjumlah 4 orang (17%).
Dengan demikian hipotesis penelitien yang berbunyi bahwa jika model pembeljaran NHT ini diterapkan maka pemahaman siswa di kelas IV MI Alkhairat Tilamuta akan meningkat. Dapat diterma dengan indikator kinerja meningkat minimal 40 % dari observasi awal ternyata setelah bilakukan pemelitian selama 2 siklus mengalami peningkatan sebanyak 55 % atau dengan ata lain baik hipotesis tindakan maupun indikator kinerja dapat di terma dengan bukti-bukti yang ada.
Kata Kunci : Pemahaman Siswa. NH
Download berkas