Penulis / NIM
DARMAWATI LUMULA / 151412335
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
ABSTRAK
Darmawati Lumula,2014. Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Lancar
melalui Metode Global di Kelas 1 SDN 11 Mananggu Kabupaten Boalemo. Skripsi
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan,
Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Rusmin Husain, S.Pd., M.Pd dan
Pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca lancar
melalui metode global di Kelas 1 SDN 11 Mananggu Kabupaten Boalemo. Metode
yang dipakai dalam penelitian tindakan kelas. penelitian ini dilaksanakan dalam
bentuk siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu, Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan
tindakan, Tahap Pemantauan dan evaluasi, Tahap Analisis dan refleksi.
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan khususnya membaca
lancar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas 1 SDN 11 Mananggu
Kabupaten Boalemo diketahui tingkat kemampuan membaca siswa dalam
pembelajaran masih rendah. Dari 18 orang siswa terdapat 23.08% atau 6 orang siswa
yang dapat membaca dengan baik. Sementara siswa yang tingkat kemampuan
membaca yang masih rendah cukup tinggi presentasinya yaitu 12 orang siswa
76.92%. dari jumlah siswa siswa Kelas 1 SDN 11 Mananggu Kabupaten Boalemo
belum mampu membaca dengan baik dan lancar. Pada siklus I diperoleh data dari 18
orang siswa SDN 11 Mananggu menunjukkan pada aspek Kelancaran Membaca
terdapat 11 orang siswa atau 61% yang mampu membaca lancar. Pada aspek Lafal
dan Intonasi terdapat 11 orang siswa atau 61% yang mampu membaca lancar sesuai
Lafal dan Intonasi. Pada siklus II, tingkat aktivitas siswa dalam mengikuti
pembelajaran sudah baik yaitu terjadi peningkatan menjadi 15 orang atau 83%.
Apabila dibandingkan dengan indikator kinerja keberhasilan dalam penelitian adalah
jika Kemampuan membaca lancar pada siswa SDN 11 Mananggu yang menjadi
subjek penelitian, mengalami peningkatan hingga mencapai 75 %, telah mencapai
indikator kinerja yang diharapkan. terjadi peningkatan yaitu 15 orang atau 83%.
Dengan demikian, sebagian besar siswa sudah mampu Membaca lancar melalui
metode global.
Kata Kunci: Kemampuan Membaca, Metode Global
Download berkas