SKRIPSI

Penulis / NIM
YULIANTI NONO / 151412337
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
Yulianti Nono. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang sumber Bunyi Melalui Metode Eksperimen Di Kelas IV SDN 10 Botumoito Kecamatan Botumoito Kabupaten Boalemo. Program Stud S1-PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Prof.DR.H.Abdul Haris PanaI, S.Pd M.Pd selaku Pembimbing I dan Drs.Djotin Mokoginta M.Pd selaku Pembimbing II. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunkan metode Eksperimen hasil belajar siswa pada materi sumber bunyi akan meningkat?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode Eksperimen hasil belajar siswa dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 10 Botumoito Kecamatan Botumoito Kabupaten Boalemo. Maka hipotesis tindakan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: “Jika dalam pembelajaran IPA khususnya tentang sumber bunyi guru menggunakan metode eksperimen maka hasil belajar siswa akan meningkat”. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 2 siklus. Pada pelaksanaan tindakan siklus I dengan menngunakan metode Eksperimen belum mencapai indikator yang diharapkan. yakni Dari 13 orang keseluruhan jumlah siswa, terdapat sebanyak 7 siswa dengan presentase 53.84% dan siswa yang hasil belajarnya belum mencapai ketuntasan sebanyak 6 siswa dengan presentase 46.15%. Adapun daya serap siswa pada siklus I ini yakni sebesar 66.15%.. Sehingga dilaksanakan siklus II sebagai refleksi dari siklus I. Pada siklus II terjadi peningkatan dari hasil belajar siswa yaitu 13 orang keseluruhan jumlah siswa terdapat sebanyak 11 siswa dengan presentase 84.61% dan siswa yang hasil belajarnya belum mencapai ketuntasan sebanyak 2 siswa dengan presentase 15.38%. Adapun daya serap siswa pada siklus II ini yakni sebesar 83.07% atau indikator tercapai. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penngunaan metode Eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Kata Kunci: Hasil belajar Siswa, Metode Eksperimen
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011