Penulis / NIM
SIMON BUMULO / 151412341
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Abstrak
ABSTRAK
Simon Bumulo, 2014. Meningkatkan Kemampuan Mengurang Bilangan Bulat Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Papualangi Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi, Jurusan pendidikan Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Sarson W.J Pomalato, M.Pd, dan Pembimbing II Dra. Martianty Nalole, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan kemampuan mengurang bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN 1 Papualangi Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengurang bilangan bulat di kelas IV SDN 1 Papualangi Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus, setiap siklus dilaksanakan melalui 4 tahap, yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi, analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes.
Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I yang dilaksanakan pada siswa kelas IV dari 15 siswa diperoleh 7 siswa yang mampu mengurang bilangan bulat atau 46,67% siswa memperoleh nilai KKM 65 ke atas, hal ini menunjukkan peningkatan sebanyak 4 siswa atau 26,67% dari jumlah siswa sebelum pelaksanaan tindakan. Hasil ini belum mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan, sehingga dilanjutkan pada siklus ke II. Pada siklus II diperoleh 12 siswa yang mampu mengurang bilangan bulat atau 80,00% memperoleh nilai KKM 65 ke atas, hal ini menunjukkan peningkatan banyaknya siswa yaitu 5 siswa atau 33,33% dari banyaknya siswa pada siklus I. Hasil ini menunjukkan penelitian tindakan yang dilakukan telah melampaui indikator kinerja yang telah ditetapkan yakni minimal 75% dari banyaknya siswa yang dikenai tindakan memperoleh nilai KKM 65 ke atas, sehingga tidak dilanjutkan pada siklus berikutnya.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw meningkatkan kemampuan mengurang bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN 1 Papualangi Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara.
Kata Kunci: Mengurang, Bilangan Bulat, Model, Pembelajaran, Kooperatif, Tipe Jigsaw
Download berkas