Penulis / NIM
LILI DUNCE DIKO / 151412344
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
ABSTRAK
Lili Dunce Diko. 2014. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran PKn Materi Sistem Pemerintahan Pusat Melalui Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah (Mi) Kecamatan Tolinggula Kabupaten
Gorontalo Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Zulaiha Ngiu M,Pd dan
Pembimbing II Samsi Pomalingo S.Ag. M,A
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran PKn
Materi Sistem Pemerintahan Pusat Melalui Model Talking Stick di Kelas IV Madrasah
Ibtidaiyah (Mi) Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara
kurang
memuaskan karena tidak memenuhi kriteria ketuntasan telah ditetapkan yaitu 70%.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada
Pelajaran Pkn Materi Sistem Pemerintahan Pusat Melalui Model Talking Stick di
Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah (Mi) Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo
Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
yang dilakukan di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah (Mi) Kecamatan Tolinggula
Kabupaten Gorontalo Utara. Karakteristik subyek dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas IV yang berjumlah 10 orang terdiri dari 5 orang laki-laki dan 5 orang
perempuan.
Berdasarkan hasil penelitian, proses Melalui Model Talking Stick dapat meningkatkan
motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran PKn Materi Sistem Pemerintahan Pusat di
Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah (Mi) Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo
Utara. Hal ini dibuktikan dengan ketuntasan yang diperoleh siswa sebelum
menggunakan Model Talking Stick ketuntasan hanya berjumlah 4 orang atau sebesar
40%, pada siklus I meningkat menjadi 6 orang atau sebesar 60% dan pada siklus II
ketuntasan meningkat lagi menjadi 9 orang atau ketuntasan sebesar 90%.
Dengan demikian bahwa Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran PKn Materi Sistem
Pemerintahan Pusat Melalui Model Talking Stick dapat meningkat dan mencapai
standar ketuntasan yang ditetapkan.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Sistem Pemerintahan Pusat, Model Talking Stick.
Download berkas