Penulis / NIM
YUSRA KALUARA / 151412345
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
Kaluara, Yusra. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Wujud Benda Dengan Menggunakan Metode Eksperimen Di Kelas IV SDN 25 Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Drs. Ahmad Lamusu, M.Pd.
Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud benda di kelas IV SDN 25 Limboto Kabupaten Gorontalo dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud benda melalui metode eksperimen di kelas IV SDN 25 Limboto Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Langkah dalam penelitian ini yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa, dari 20 orang siswa yang dikenakan tindakan, 14 orang atau 70% yang mencapai nilai 75 ke atas atau pada kategori penilaian baik dan sangat baik. Persentase ini meningkat pada siklus II. Dari 20 orang siswa yang dikenakan tindakan, sudah 18 siswa atau 90% yang mencapai nilai 75 ke atas atau pada kategori penilaian baik dan sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode eksperimen meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud benda di kelas IV SDN 25 Limboto Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci: Metode Eksperimen, Perubahan Wujud Benda
Download berkas