Penulis / NIM
SALMA POLAPA / 151412346
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
ABSTRAK
Salma polapa. 2014. Meningkatkan Kemampuan Membaca Kalimat Sederhana Melalui Model Numberer Hear Together Pada Siswa Kelas III Di SDN 1 Titidu Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Ratnarti Pahrun M. Pd dan pembimbing II Sumarni Mohammad S.Pd, M.Pd
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut: "Apakah dapat ditingkatkan Kemampuan Membaca Kalimat sederhana Melalui Model Numbered Head Together Pada Siswa Kelas III Di SDN 1 Titidu Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan kemampuan membaca kalimat sederhana melalui Model Numbered Head Together Pada Siswa Kelas III Di SDN 1 Titidu Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data observasi, tes, dokumentasi yang diadakan 2 siklus pada siswa berjumlah 22 orang.
Hasil penelitian pada observasi awal tanpa menggunakan model Numbered Head Together dengan ketuntasan sebesar 36.36%, pada siklus I meningkat menjadi 72.72%, dan pada siklus II meningkat menjadi 90.90%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa dalam menggunakan penggunaan model Numbered Head Together dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan membaca kalimat sederhana pada siswa kelas III Di SDN 1 Titidu Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara.
Kata Kunci: Membaca Kalimat Sederhana, Model Numbered Head Together
Download berkas