Penulis / NIM
EBIT NUR / 151412348
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Ebit Nur, NIM 151412348. Judul Penelitian "Meningkatkan Kemampuan Siswa Menyampaikan isi Pengumuman Melalui Metode Pembelajaran Permainan Bisik Berantai Kelas IV SDN 6 Mananggu". Skrispsi. Dibawah Bimbingan Ibu Dra.Hj.Evi Hasyim,M.M.Pd dan Ibu Wiwy T. Pulukadang, S.Pd.,M.Pd
Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Apakah dengan menerapkan metode pembelajaran Permainan Bisik Berantai dapat meningkatkan kemampuan siswa menyampaikan isi pengumuman kelas IV SDN 6 Mananggu Kabupaten Boalemo ? Tujuannya adalah meningkatkan kemampuan siswa menyampaikan isi pengumuman melalui metode pembelajaran permainan bisik berantai kelas IV SDN 6 Mananggu Kabupaten Boalemo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode PTK yang dilaksanakan dalam 2 siklus di Kelas IV SDN 6 Mananggu Kabupaten Boalemo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, tes dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang telah dipaparkan sebelumnya menunjukkan temuan penelitian tindakan kelas di Kelas IV SDN 6 Mananggu Kecamatan Mananggu Kabupaten Boalemo yang dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kemampuan siswa dalam menyampaikan isi pengumuman pelajaran Bahasa Indonesia khususnya menyangkut ketepatan menyampaikan isi pengumuman siswa. Teknik yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa menyampaikan isi pengumuman di Kelas IV SDN 6 Mananggu Kecamatan Mananggu Kabupaten Boalemo yaitu menggunakan metode permainan bisik berantai. Penggunaan metode pembelajaran permainan bisik berantai dilakukan agar siswa dapat berkomunikasi langsung dengan guru, siswa dapat terlatih mengomentari gambar yang dilihatnya, siswa merasa nyaman belajar dalam bentuk rileks atau tidak menoton ceramah, sehingga siswa diharapkan dapat termotivasi untuk berpikir kritis atas masalah yang dihadapinya saat belajar di kelas maupun dirumah. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Hipotesis tindakan " Jika Menerapkan metode Permainan bisik berantai maka dapat meningkatkan kemampuan siswa menyampaikan isi pengumuman" Penelitian ini terbukti dapat meningkat kemampuan siswa. Artinya hipotesis diterima.
Kata Kunci; Kemampuan, dan Permainan Bisik Berantai
Download berkas