Penulis / NIM
NONTJE Y. SAHARI / 151412349
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
DR. MUCHTAR AHMAD, S.Pd, M.Si / 0004057805
Abstrak
Abstrak
NONTJE SAHARI, 2013. Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran IPS Materi Bentuk Kerjasama Di lingkungan Tetangga Melalui Metode Karya Wisata Dikelas II SDN 52 Kota Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si dan Pembimbing II, Muchtar Ahmad, S.Pd, M.Si.
Permasalahan pada penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan metode karya wisata dapat meningkatkan pemahaman siswa khususnya pada materi Bentuk Kerjasama Dilingkungan Tetangga di Kelas II SDN 52 Kota Gorontalo.Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan Pemahaman siswa pada pembelajaran ips materi bentuk kerjasama dilingkungan tetangga melalui metoe karya wisata dikelas II SDN 52 Kota Gorontalo.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode karya wisata dapat meningkatkan pemahaman siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil tindakan pada setiap siklus, dimana siklus I menunjukkan pemahaman siswa meningkatkan menjadi 65% atau 13 orang siswa mencapai KKM dan yang belum mencapai KKM sebesar 35% atau 7 orang siswa. Selanjutnya siklus II Pemahaman siswa meningkatkan Mencapai 85% atau 17 orang siswa mencapai KKM dan belum mencapai KKM sebesar 15% atau 3 orang siswa. Adapun hipotesis dalam penelitian ini Jika dalam pembelajaran IPS materi bentuk kerjasama dalam lingkungan keluarga menggunakan metode karya wisata maka pemahaman siswa pada pembelajaran IPS terjadi peningkatan, yang artinya hipotesis dalam penelitian ini diterima. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa metode karyawisata dapat meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran IPS materi bentuk kerjasama di lingkungan tetangga di kelas II SDN 52 kota gorontalo.
Kata kunci : Pemahaman Siswa, Bentuk Kerjasama Di Lingkungantetangga, Metode karya wisata
Download berkas