Penulis / NIM
NINGSI N. BUNTAYO / 151412350
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
DR. MUCHTAR AHMAD, S.Pd, M.Si / 0004057805
Abstrak
Ningsi Buntayo: 151 412 350. Meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pada materi menceritakan pengalaman melalui metode pemberian tugas pada siswa kelas II SDN No. 81 kota tengah kota gorontalo. Pembimbing I Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Muchtar Ahmad,S.Pd M.Si
Permasalah dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan menggunakan metode pemberian tugas dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pada materi menceritakan pengalaman di kelas II SDN No. 81 Kota Tengah Kota Gorontalo ?”. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS pada materi menceritakan pengalaman melalui metode pemberian tugas pada siswa kelas II SDN No. 81 kota tengah kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I prosentase hasil capaian dari KKM sebesar 44% atau 8 orang siswa yang telah memenuhi harapan dan 56% atau sebanyak 10 orang siswa yang masih perlu diperhatikan hasil belajarnya. Sedangkan pada siklus II, prosentase capaian KKM meningkat menjadi 94% atau 17 orang siswa yang telah memenuhi harapan dibandingkan dengan siklus I dan tinggal 6% atau sebanyak 1 orang siswa yang masih perlu diperhatikan hasil belajarnya.
Dengan demikian hipotesis tindakan yang dirumuskan sebelumnya yaitu: “ jika menggunakan metode pemberian tugas maka hasil belajar siswa tentang menceritakan pengalaman akan meningkat” dalam penelitian ini dinyatakan diterima sesuai dengan dukungan dari indikator kinerja yang telah ditetapkan.
Kata Kunci : Hasil Belajar, metode pemberian tugas.
Download berkas