Penulis / NIM
NELI BULUDAWA / 151412353
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Abstrak
Neli Buludawa. 2014. Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca dan Menulis Permulaan Melalui Media Gambar Di Kelas II SDN 04 Popayato Kabupaten Pohuwato. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Hj. Sumarni Mohammad, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Yusuf Djafar, M.Pd.
Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan siswa membaca dan menulis permulaan di kelas II SDN 04 Popayato Kabupaten Pohuwato dapat ditingkakan melalui media Gambar. Tujuan pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca dan menulis permulaan melalui media gambar di kelas II SDN 04 Popayato Kabupaten Pohuwato. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu dengan tekhnik pengumpulan data, observasi, tes dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil observasi awal hanya 10 siswa atau 38.5% yang mampu sedangkan 16 siswa atau 61.5% yang mengalami kesulitan pembelajaran membaca dan menulis permulaan. Kemampuan belajar siswa pada kegiatan siklus I bahwa terdapat 16 orang siswa atau 61.5% sudah mampu membaca dan kemampuan menulis siswa terdapat 18 orang siswa atau 69.2% yang sudah mampu menulis. Setelah diadakan refleksi dan perbaikan pembelajaran pada siklus II, kemampuan siswa klasikal terdapat 21 orang siswa atau 81% sudah mampu membaca dan terdapat 21 orang siswa atau 81% yang sudah mampu menulis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan kemampuan Membaca dan menulis pada siswa Kelas II SDN 04 Popayato Kabupaten Pohuwato.
Kata Kunci : Membaca dan Menulis, Media Gambar
Download berkas