Penulis / NIM
WIDYAWATI DJAAFAR / 151412357
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Pembimbing 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstrak
Widyawati Djaafar.2013. Meningkatkan Pemahaman Konsep Segi Empat Dengan Menggunakan Alat Peraga Papan Berpaku Pada Siswa Kelas I SDN 57 Kecamatan Dumbo Raya Kota Gorontalo. Skripsi. JUrusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj Asni Ilham S,Pd, M,Si. Dan Pembimbing II Ismail PIoke S,Pd. M.Pd .
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan alat peraga papan berpaku pemahaman konsep segi empat Siswa Kelas I SDN 57 Kecamatan Dumbo Raya Kota Gorontalo meningkat ? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep segi empat dengan menggunakan alat peraga papan berpaku pada siswa kelas I SDN 57 Kecamatan Dumbo Raya Kota Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Dari hasil penelitian tindakan siklus I diperoleh data, dari 22 orang siswa yang dikenai tindakan hanya 12 orang siswa atau 54,53% yang memperoleh nilai 65 ke atas sedangkan pada siklus II meningkat dimana siswa yang memperoleh nilai 65 ke atas berjumlah 21 orang siswa atau 95,43%.
Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan maka penulis menyimpulkan bahwa dengan menggunakan alat peraga papan berpaku pemahaman konsep segi empat siswa kelas I SDN 57 Kecamatan Dombo Raya Kota Gorontalo meningkat.
Kata Kunci : Pemahaman, Segi Empat, Papan Berpaku.
Download berkas