Penulis / NIM
KASMA LAKORO / 151412358
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
ABSTRAK
KASMA LAKORO. Nim; 151 412 358 Judul Penelitian "Meningkatkan
Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Jigsaw Kelas III SDN 01 ManangguKabupatenBoalemo".
Skripsi. Drs.H.HarisMahmud,M.Si dan Ibu Nurhayati Tine,S.Pdi.,M.Hiselaku
pembimbing I dan Pembimbing II.
Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah Model Pembelajaran
Jigsaw dapat meningkatkan Hasil Belajar siswa tentang tema Kegemaran Kelas III
di SDN 01 Mananggu Kabupaten Boalemo? Tujuan penelitian ini adalah untuk
meningkatkan hasil belajar siswa pada tema kegemaran melalui model
pembelajaran Jigsaw Kelas III di SDN 01 Mananggu Kabupaten Boalemo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan
kelas (PTK).PTK ini dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II,
setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pemantauan,
dan evaluasi, analisis dan refleksi.
Hasil belajar siswa dalam tiga aspek kepercayaan diri, keberanian dan kerjasama
secara signifikan dalam pembelajaran IPS Materi memahami jenis pekerjaan dan
penggunaan uang pada pelajaran IPS pada siswa kelasIII SDN 01 Mananggu
setelah diadakan tindakan melalui 1 dan2 siklus pada penelitian ini. Pada
observasi awal hanya sebanyak 12 siswa (34%) yang memiliki hasil belajar baik.
Saat dilakukan penindakan pada siklus I diperoleh peningkatan hasil belajar
siswa menjadi 23 siswa (66%) yang memiliki hasil belajar baik yang
ditunjukkan dengan peningkatan pada aspek kepercayaan diri, keberanian dan
kerjasama siswa tersebut. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa
pada materi memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang pada pelajaran IPS
hingga mencapai 29 siswa (83%).
Dari hasil penelitian dan pembahasan yang di lakukan, maka penulis
menyimpulkan bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif
Tipe Jigsaw pada pembelajaran IPS materi Jenis Pekerjaan dan Penggunaan
uang pada pelajaran IPS, maka hasil belajar siswa Kelas III SDN 01 Mananggu
Kabupaten Boaemo meningkat.
Kata Kunci ;Hasil Belajar dan Model Jigsaw
Download berkas