SKRIPSI

Penulis / NIM
HAYATI IDRUS / 151412359
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
Hayati Idrus. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Materi Mendeskripsikan Lingkungan Rumah Melalui Metode Pemberian Tugas di Kelas I SDN No. 57 Kecamatan Dumbo Raya Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Hj, Hakop Walangadi M.Si, Pembimbing II Nurhayati Tine, M.Hi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah metode pemberian tugas dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi mendeskripsikan lingkungan rumah di kelas I SDN No. 57 Kecamatan Dumbo Raya, dengan tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode pemberian tugas pada materi mendeskripsikan halaman rumah dikelas I SDN No. 57 Kecamatan Dumbo Raya Kota Gorontalo. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 20 siswa kelas I SDN No. 57 Kecamatan Dumbo Raya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis presentase. Hasil observasi awal menunjukan bahwa dari 20 Siswa di kelas I SDN No. 57 Kecamatan Dumbo Raya terdapat 5 siswa atau 25% siswa yang hasil belajarnya sudah memenuhi ketuntasan dari kriteria ketuntasan minimum yang ditetapkan sekolah. Hasil siklus I menunjukkan bahwa siswa yang mencapai nilai ketuntasan sejumlah 8 siswa atau 40% dan tidak mencapai nilai ketuntasan sejumlah 12 Siswa atau 60% dari total 20 orang siswa. Sedangkan Hasil belajar siklus 2 menunjukkan bahwa dari 20 orang siswa terdapat peningkatan sejumlah 18 siswa atau 90% yang sudah memenuhi nilai ketuntasan pada pelajaran IPS materi mendeskripsikan lingkungan rumah. Hipotesis yang dirumuskan yaitu jika menggunakan metode pemberian tugas pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi mendeskripsikan lingkungan rumah pada siswa kelas I SDN No. 57 Dumbo Raya Kota Gorontalo, maka hasil belajar siswa akan meningkatā€¯ telah teruji dengan benar dan dapat diterima Kata Kunci : Hasil Belajar, , Metode Pemberian tugas
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011